7 hal penting untuk sebuah organisasi yang lebih baik


1. Nikmati Prosesnya.
Hasil tak akan pernah menghianati usaha. Kalimat tersebut sering kali terdengar dimana-mana. Terutama motivasi untuk sebuah organisasi maupun pribadi. Proses adalah sesuatu yang indah untuk dihargai dan diceritakan, walaupun waktu menjalani sungguh sulit. Sesuatu yang besar berawal dari hal yang kecil, jangan pernah meremehkan hal yang terlihat remeh, karena hanya melihat dan berkomentar jauh berbeda dengan menjalani.

2.Pertahankan Hasilnya
Mempertahankan lebih sulit dari pada mencari. Proses aja susah dilewati apalagi mempertahankan, karena kadang sebagian orang berproses karena tuntutan, namun stelah mendapatkan mereka merasa bebas dari tuntutan, hal seperti ini biasanya terjadi pada orang yang tidak memiliki totalitas dalam hal yang dijalaninya. Apalagi karena rasa ingin coba-coba aja, orang seperti ini apalagi mempetahankan, menjalani proses aja pasti sulit untuk bertahan.

3. Ada Niat Ada beribu Jalan, Tak Ada Niat Ada beribu Alasan.
Sesibuk apapun seseorang, jika mereka berniat melakukan sesuatu, maka semua ada jalannya masing-masing. Begitu sebaliknya, kalau seseorang tidak memiliki niat untuk melakukan suatu hal, maka mereka akan  berusaha mencari beribu alasan. Kadang dalam suatu organisasi hal inilah yang banyak terjadi. Jadinya kalau ada orang yang memiliki banyak alasan untuk tidak melakukan sesuatu, maka mereka sebenarnya tak memiliki niat, kecuali hal-hal yang benar2 terjadi dan tak dapat ditinggalkan dan masuk akal. Begitu juga sebaliknya, lebih baik berusaha untuk untuk melakukan sesuatu, walaupun hanya bisa berpartisipasi sebentar.

4. Semakin Tinggi Pohon Tumbuh, Semakin Kencang Pula Angin Menerpa.
Semakin tingggi kedudukan seseorang, godaan akan semakin besar, baik berasal dari diri sendiri, orang lain maupun lingkungan. Di posisi inilah seseorang diuji.
Mereka harus bisa menjaga wibawa, kejujuran maupun totalitas dan profesionalitasnya. Sedikit kesalahan dibuat, maka semua kesalahan, sekecil apapun itu akan dikorek.

5. Sejelek Apapun Masa Lalu, Masa Depan Masih Suci
Semua orang harus bisa bangkit dari kegagalan. Karena masa depan tidak ada yang tahu kecuali Tuhan. Disinilah dalam organisasi tdak boleh hanya melihat kesalahan dari seseorang, tetapi berusaha saling memeprbaiki dan mengingatkan satu sama lain.

6. Jaga Kekompakan
Kekompakan akan terbentuk dari proses. Semakin berat proses makan rasa kebersamaan akan semakin erat, namun jika sesuatu diperoleh secara gampang, maka kebersamaan akan sulit untuk dapatkan. Organisasi akan retak jika anggotanya tak kompak.  

7. Komunikasi Adalah Hal Yang Paling Penting
Bayangkan jika semuanya diam tak ada komunikasi, otomatis semuanya diam dan tak ada pergerakan apa. Oleh karena itu komunikasi akan menghubungkan semuanya dan jadi mobilitas. Kordinasi adalah suatu bentuk menghargai orang lain, karena jika sesuatu yang penting untuk di konfirmasi tetapi tak dikonfirmasi disanalah emosi akan datang. Kita harus bisa membayangkan gimana rasanya jadi orang lain yang tak dihargai, rasanya pasti tak enak. Oleh karena itu tanamkan dalam diri masing2 untuk selalu menghargai orang lain, bagaimanapun bentuk penghargaan tersebut. 

Sekian, sebagian besar adalah pengalaman pribadi, untuk hal yang lebih baik. Semoga bermanfaat. SUKSMA🙏

Comments

Popular posts from this blog

AHIMSA

TATTWA ATMAN BRAHMAN

JALAN KELEPASAN MENURUT JNANA SIDDHANTA